MEMPELAJARI KELOMPOK

  1. 1.     Image

Individu yang menarik untuk dipelajari, apalagi jika ia telah bersosialisasi dengan individu yang lainnya, disebut kelompok, akan tercermin sifat-sifat kekhasannya. Para peneliti menggunakan berbagai metode sains untuk memahami kelompok (kumpulan individu yang memiliki tujuan yang sama).

Dalam mempelajari dinamika kelompok ini ada tiga pengetahuan dasar yang diperlukan, yaitu pengukuran, penelitian dan teoritis. Para peneliti juga harus menguji “kebenaran hubungan” dengan kondisi penelitian yang menghasilkan data yang mereka butuhkan untuk memahami fenomena yang menarik perhatian mereka. Selain itu para peneliti harus membuat kerangka kerja konseptual untuk mengatur temuan mereka.

  1. 2.      PENGUKURAN DALAM DINAMIKA KELOMPOK
  2. a.      Observasi
    Para peneliti yang mempelajari kelompok sering mulai dengan observasi, metode pengukuran meliputi pengamatan dan prekaman kegiatan individu dan kelompok. Tidak peduli apa kelompok tersebut menarik bagi mereka-sementara pertemuan orang di tempat umum, kelompok di pabrik-pabrik, geng di pusat kota, kelompok olahraga, keluarga dengan hanya satu orangtua, persaudaraan, ruang kelas, pertunjukan orkestra, pemain game di internet, dan sebagainya.
  3. b.      Mengkonversi dan Observasi terbuka

Whyte, Wiliam Foote Whyte, seorang peneliti, dia tidak berusaha untuk menyembunyikan apa yang dia lakukan dari Nortons (objek yang diobservasi). Peneliti lain, dalam kontras, lebih memilih untuk menggunakan observasi tertutup, dimana mereka mencatat kegiatan kelompok tanpa pengetahuan kelompok. Observasi Terselubung adalah mengawasi dan merekam perilaku kelompok tanpa sepengetahuan peserta.

  1. c.       Peserta observasi

seperti Whyte, menggunakan observasi partisipatif, mereka mengamati dan merekam kegiatan kelompok dan interaksi saat mengambil bagian dalam proses kelompok sosial.

 

 

  1. d.      Penataan Pengamatan

Data tersebut seringkali tekstual bukan numerik, dan mungkin termasuk deskripsi verbal interaksi kelompok yang dikembangkan oleh beberapa pengamat, wawancara, pertanyaan-pertanyaan survei terbuka, catatan dari percakapan dengan anggota kelompok atau kasus deskripsi mendalam tentang satu atau lebih kelompok.

  1. e.       Metode Observasi terstruktur

prosedur penelitian yang mengklasifikasikan tindakan anggota kelompok ke dalam kategori yang ditetapkan, misalnya psikolog yang mengelompokkan orang ke dalam jenis berbagai kepribadian, peneliti yang menggunakan metode observasional terstruktur mengklasifikasikan setiap perilaku kelompok ke dalam kategori objektif yang ditentukan. Pertama, mereka memutuskan untuk melacak perilaku.

  1. f.       Reliabilitas dan validitas observasi

Merupakan sistem obsevasi yang terstruktur, sebab dapat digunakan untuk mencatat macam-macam perilaku yang yang telah terjadi, membuat perbandingan semua kategori, anggota kelompok, dan bahkan kelompok yang berbeda. Reliabilitas adalah tingkat dimana  teknik pengukuran secara konsisten menghasilkan kesimpulan yang sama pada waktu yang berbeda. Untuk teknik pengukuran dengan dua atau lebih komponen, reliabilitas juga adalah tingkat dimana komponen-komponen yang bermacam-macam ini semuanya menghasilkan hasil yang serupa atau mirip.

  1. g.      Tindakan Self-Report

Tindakan self-report adalah sebuah metode penilaian seperti daftar pertanyaan, tes, wawancara, yang meminta responden unuk menjelaskan perasaan, sikap, dan kepercayaan mereka.

  1. h.      Sosiometri dan sosiogram

Sosiometri adalah teknik penelitian yang dikembangkan oleh Jacob Moreno yang secara grafis dan matematis meringkas pola hubungan antar anggota. Sebuah sosiogram menghasilkan informasi tentang anggota kelompok, hubungan antara pasangan-pasangan dari anggota, dan struktur keseluruhan kelompok.

 

 

 

REFERENSI

Forsyth. (2009). Group Dynamic. Fifth edition. [online]. Tersedia : http://books.google.co.id/books?id=RsMniobZojIC&printsce=frontcover&dq=forsyth+group+dynamic&hl=id&ei=4g6PTPWHGoyWvAOt_c27Cw&sa=X&oi=book_resulth&ct=resulth&resnum=1&ved=0CCUQ6AEwAA#v=onepage&q=forsyth%20group%20dynamic&f=false. [20 September 2010

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close