STANDAR KOMPETE…

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) SD/MI DAN STANDAR KOMPETENSI KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK

 

Tugas Individu

 

Diajukan untuk memenuhi salah satu Tugas Mata Kuliah Pengembangan Program dan Media Bimbingan dan Konseling Anak yang di Ampu oleh Drs. Nurhudaya, M.pd dan Dr. Ilfianddra, M.Pd

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Oleh

FATHUL ILMI

0901103

 

 

JURUSAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

BANDUNG

2012

 

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) SD/MI

 

  1. Iman-Takwa
    1. Menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak
    2. Mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri
    3. Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya
    4. Belajar dan berinovasi
      1. Menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif
      2. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif, dengan bimbingan
      3. Guru/pendidik
        1. Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya
        2. Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
        3. Menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial di lingkungan sekitar
        4. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
        5. Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, dan berhitung.
        6. Seni dan Budaya

Menunjukkan kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal

  1. Keterampilan hidup dan karir
    1. Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya
    2. Berkomunikasi secara jelas dan santun
    3. Bekerja sama dalam kelompok, tolong-menolong, dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya

 

  1. Wawasan Kebangsaan

Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan.

 

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Mata Pelajaran SD/MI

  1. Pendidikan Agama Islam SD/MI
  2. Pendidikan Agama Kristen SD
  3. Pendidikan Agama Katolik SD
  4. Pendidikan Agama Hindu SD
  5. Pendidikan Agama Buddha SD
  6. Pendidikan Kewarganegaraan SD/MI
  7. Bahasa Indonesia SD/MI
  8. Matematika SD/MI
  9. Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI
  10. Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI
  11. Seni Budaya dan Keterampilan SD/MI
  12. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SD/MI
  13. Bahasa Inggris SD/MI

 

 

 

Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik

 

Aspek Perkembangan : Landasan Hidup Religius

No

Tataran/Internalisasi Tujuan

SD

1.

Pengenalan

Mengenal bentuk-bentuk dan tata cara ibadah sehari-hari.

2.

Akomodasi

Tertatik pada kegiatan ibadah sehari-hari.

3.

Tindakan

Melakukan bentuk-bentuk ibadah sehari-hari.

 

Aspek Perkembangan : Landasan Perilaku Etis

No

Tataran/Internalisasi Tujuan

SD

1.

Pengenalan

Mengenal patokan baik-buruk atau benar-salah dalam berperilaku.

2.

Akomodasi

Menghargai aturan-aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari.

3.

Tindakan

Mengikuti aturan-aturan yang berlaku dalam lingkungannya.

Aspek Perkembangan : Kematangan Emosi

No

Tataran/Internalisasi Tujuan

SD

1.

Pengenalan

Mengenal perasaan diri sendiri dan orang lain.

2.

Akomodasi

Memahami perasaan-perasaan diri dan orang lain.

3.

Tindakan

Mengekspresikan perasaan secara wajar.

 

Aspek Perkembangan : Kematangan Intelektual

No

Tataran/Internalisasi Tujuan

SD

1.

Pengenalan

Mengenal konsep-konsep dasar ilmu pengetahuan dan perilaku belajar.

2.

Akomodasi

Menyenangi berbagai aktifitas perilaku belajar

3.

Tindakan

Melibatkan diri dalam berbagai aktifitas perilaku belajar.

 

Aspek Perkembangan : Kesadaran Tanggung Jawab Sosial

No

Tataran/Internalisasi Tujuan

SD

1.

Pengenalan

Mengenal hak dan kewajiban diri sendiri dalam lingkungan kehidupan sehari-hari.

2.

Akomodasi

Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam lingkungan kehidupan sehari-hari.

3.

Tindakan

Berinteraksi dengan orang lain dalam suasana persahabatan.

 

Aspek Perkembangan : Kesadaran Gender

No

Tataran/Internalisasi Tujuan

SD

1.

Pengenalan

Mengenal diri sebagai laki-laki atau perempuan.

2.

Akomodasi

Menerima atau menghargai diri sebagai laki-laki atau perempuan.

3.

Tindakan

Berperilaku sesuai dengan peran sebagai laki-laki atau perempuan.

 

Aspek Perkembangan : Pengembangan Pribadi

No

Tataran/Internalisasi Tujuan

SD

1.

Pengenalan

Mengenal keberadaan diri dalam lingkungan dekatnya

2.

Akomodasi

Menerima keadaan diri sebagai bagian dari lingkungan.

3.

Tindakan

Menampilkan perilaku sesuai dengan keberadaan diri dalam lingkungannya.

 

Aspek Perkembangan : Perilaku Kewirausahaan (Kemandirian Perilaku Ekonomis)

No

Tataran/Internalisasi Tujuan

SD

1.

Pengenalan

Mengenal perilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan dekatnya.

2.

Akomodasi

Memahami perilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan dekatnya

3.

Tindakan

Menampilkan perilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari di lingkungannya.

 

Aspek Perkembangan : Wawasan dan kesiapan Karir

No

Tataran/Internalisasi Tujuan

SD

1.

Pengenalan

Mengenal ragam pekerjaan dan aktivitas orang dalam lingkungan kehidupan.

2.

Akomodasi

Menghargai ragam pekerjaan dan aktivitas orang sebagai hal yang saling bergantung.

3.

Tindakan

Mengekspresikan ragam pekerjaan dan aktivitas orang dalam lingkungan kehidupan

 

Aspek Perkembangan : Kematangan Hubungan dengan Teman Sebaya

No

Tataran/Internalisasi Tujuan

SD

1.

Pengenalan

Mengenal norma-norma dalam berinteraksi dengan teman sebaya.

2.

Akomodasi

Menghargai norma-norma yang dijunjung tinggi dalam menjalin persahabatan dengan teman sebaya.

3.

Tindakan

Menjalin persahabatan dengan teman sebaya atas dasar norma yang dijunjung tinggi bersama.

 

 

Referensi

Lenterak. 2012. Standar kompetensi lulusan (SKL) SD/MI. [online]. Tersedia dalam http://lenterakecil.com/standar-kompetensi-lulusan-skl-sdmi/ (9 September 2012)

Depdiknas. 2007. Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close