ASAP ROKOK MENYELIMUTI DUNIA SEKOLAH

ARIN ARPIANA BAHTIAR

MAHASISWA JURUSAN PPB KELAS A (0901579)

 

Rokok adalah sesuatu yang tidak asing lagi untuk dikenal, mulai dari orang tua, remaja, bahkan anak-anak saat ini telah terbiasa mengkonsumsi benda yang berbahan dasar tembakau ini. Padahal kita ketahui banyak sekali dampak negative yang didapat oleh orang yang mengkonsumsinya, mulai dari terkena berbagai penyakit atau juga membuat dompet semakin menipis.

Hal yang lebih membuat kita semakin prihatin adalah asap rokok yang kini mulai menyelimuti dunia pendidikan, khususnya tingkat SMP dan SMA. Banyak kita temui anak-anak sekolah yang masih menggunakan seragam sudah terbiasa mengkonsumsi rokok, padahal kita tahu bahwa usia mereka belum mencukupi untuk mengkonsumsi rokok, selain itu mereka juga belum bisa menghasilkan uang sendiri. Sehingga banyak dari mereka yang lebih memilih untuk tidak jajan dan memilih untuk membeli rokok. Entah apa yang ada dalam benak mereka sehingga lebih memilih untuk merokok daripada jajan di sekolah. Banyak hal yang bisa mereka lakukan untuk membeli rokok, selain menyisakan uang jajan mereka ada juga yang menggunakan uang SPP sekolah yang seharusnya dibayarkan. Sungguh sangat memprihatinkan.

 

Faktor Penyebab

Banyak factor yang mempengaruhi mereka untuk mengkonsumsi rokok, mulai dari pengaruh teman, hanya sekedar iseng, berawal dari coba-coba ataupun factor lainnya sehingga  semua itu membuat mereka kecanduan merokok dan sulit untuk menghilangkan kebiasaan itu. Ada orang yang beranggapan dengan merokok hidup menjadi lebih tenang sehingga masalah yang sedang dihadapi seolah-olah hilang untuk sejenak. Padahal semua itu hanyalah sebuah sugesti yang mereka percayai. Selain itu pengawasan dari orang tua juga menjadi factor yang berpengaruh dalam hal ini, karena perhatian ataupun kasih sayang orang tua yang kurang terhadap anak bisa mempengaruhi perilaku anak sehingga bisa menjadi seperti itu.

 

Akibat

Kita tahu asap rokok sangat berbahaya karena asap rokok mengandung 40 jenis zat berbahaya selain nikotin. Antara lain cadmium (bahan kimia dalam baterai), aseton (bahan kimia untuk penghapus cat kuku), dan natilamin (bahan kimia dalam spirtus)

Perokok bisa meningkatkan kematian dan penyakit pada anak yang menjadi perokok aktif. Bukti ilmiah menunjukan, penyakit saluran pernafsan pada anak meningkat tajam. Diantaranya asma dan infeksi saluran nafas bawah yang dapat menyebabkan kematian.

Penelitian juga membuktikan bahwa perokok aktif terancam penyakit ganas akibat perubahan gen, seperti leukemia (kanker darah) dan kanker lainnya. Hal ini akibat efek kimia pada asap rokok yang bersifat karsinogen (pemicu kanker).

Efek racun pada rokok ini membuat pengisap asap rokok mengalami resiko (dibanding yang tidak mengisap asap rokok) :

  • 14 X menderita kanker paru-paru, mulut, dan tenggorokan
  • 4 X menderita kanker esophagus
  • 2 X kanker kandung kemih
  • 2 X serangan jantung

Rokok juga meningkatkan resiko kefatalan bagi penderita pneumonia dan gagal jantung, serta tekanan darah tinggi.

 

Solusi

Dalam masalah ini sangatlah jelas pemahaman tentang bahaya rokok untuk kesehatan kurang diketahui mereka, peran dari orang tua sangat berpengaruh untuk lebih bisa mengawasi kegiatan mereka yang telah mengenal rokok, selain itu peran Guru Bimbingan dan Konseling yang ada di sekolah juga sangat berpengaruh, guru BK harus membimbing siswa-siswanya sehingga pemahaman tentang rokok lebih dimengerti dan bisa mengurangi kebiasaan mereka itu.

 

Kesimpulan

Rokok saat ini menjadi salah satu benda yang telah banyak dikonsumsi oleh sebagian anak-anak dikalangan pelajar yang seharusnya tidak diperbolehkan, bukan hanya membuat siswa melakukan penyimpangan dalam pergaulan tapi juga dampak yang diperoleh sangatlah banyak terutama untuk kesehatan siswa itu sendiri dan dalam kasus ini peranan orang tua dalam mendidik sangatlah penting, sehingga anak dapat lebih memahami apa yang akan terjadi jika anak itu mengkonsumsi rokok.

 

Referensi

 

http://www.aim_5887.tripod.com/page7.htm

http://www.cyberforums.us/showthread.php

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close