Bimbingan dan Konseling Perkembangan

KOMPETENSI   AKADEMIK SISWA SMP/SMA

 

Keterampilan belajar

Keberhasilan belajar

Keberhasilan hidup

Kelas 7

–      mengimplementasikan organisasi belajar dan keterampilan menghadapi ujian

–      mengelola pekerjaan rumah

–      mengunakan teknik pengeolaan waktu untuk pekerjaan rumah

–      memiliki sikap dan keterampilan bekerja sama dengan populasi berbeda

 

–      mendeskirpsikan sikap dan keyakinan pribadi

–      mengesplorasi alternatif pendidikan yang sesuai dengan minat dan nilai

–      mengidentifikasi cara mengambil keputusan pendidikan dan pekerjaan

–      mengindentifikasi diskriminasi dan stereotipe yang kontra produktif

–      menerapkan berfikir kritis dan pengambilan keputusan akademik

 

–      merumuskan lokus kendali dan mengelola pekerjaan rumah

–      menerapkan berfikir kritis dan pengambilan keputusan untuk situasi akademik dan personal

–      menggunakan teknik manajemen waktu untuk mengelola PR

–      mengidentifikasi penyebab stres dan cara mengelolanya

Kelas 8

–  mengaplikasikan keterampilan manajemen tugas dan waktu

–  mendemonstrasikan bagimana usaha dan persisten mempengaruhi belajar

–  bekerja secara mandiri, produktif, dan berinisiatif

 

–      mengeskplorasi tujuan jangka pendek dan menengah

–      mendemonstrasikan lokus kendali internal dalam masalah akademik

–      mengilustrasikan kerjasama dalam pengambilan keputusan kelompok

–      menampilkan kemandirian daalam tangung jawab sekolah

–      memilih kursus yang mencerminkan kemampuan, tujuan, dan syarat kelulusan

 

–      memilih sekolah dan komunitas yang sesuai dengan tujuan masa depan

–      memahami nilai dari menyelesaikan pendidikan tingi

–      menghubungkan atribut pribadi dengan tujuan pendidikan

–      memahami hubungan karir dengan mata pelajaran

Kelas 9

–  menyadari prosedur untuk memperoleh bantuan

–  meninjau keterampilan belajar dan manajemen waktu dan mencari sumber untuk meningkatkannya

–  mengidentifikasi gaya belajar

–  mengidentifikasi kecemasan tes dan cara menanggulanginya

–  memhami alasan pentingnya tepat waktu

 

 

–      mengidentifikasi perbedaan lingkungan sekolah

–      menerapkan keterampilan merencanan tujuan akademik

–      menerapkan keterampilan untuk sukses akademik

–      mencari informasi dan dukungan bagi prestasi akademik

–      memahami konsep lokus kendali

 

–      menetukan sumber  stres dan mengaplikasikan lokus kendali

–      mengidentifikasi cara sehat dan tidak sehat dalam mengatasi stres

–      menyeimbangkan tugas akademik, ekstrakurkuler, keluarga, aktivitas waktu luang

Kelas 10

–      memahami kekuatan dan kelemahan dalam perencanaan akademik

–      membandingkan gaya relajar dan dampaknya terhadap prestasi

–      memodifikasi teknik manajemen waktu

–      mengaplikasikan teknik reduksi kecemasan

–      mengidentifikasi sikap dan perilaku yang menunjang prestasi

 

 

–      memahami persyaratan kelulusan

–      menggunakan pengetahuan gaya relajar yang mempengaruhi prestasi

–      menggunakan hasil pengukuran untuk perencanaan pendidikan

–      mengembangkan program pendidikan untuk mengoptimalkan prestasi akademik

 

–      menampilkan kendali internal dalam motivasi dan prestasi

–      mencari pengalaman sekolah dan masyarakat yang dapat memperkaya mata pelajaran

–      menyadari hubungan keberhasilan sekolah dengan jalar karir

Kelas 11

–      memiliki keterampilan komunikasi dan menyimak untuk mendukung prestasi relajar

–      memiliki keterampilan strategi menghadapi tes

–      dapat bekerja secara mandiri dan bersama orang lain

–      dapat berkomunikasi akademik dengan orang lain

 

–      mereview persyaratan kelulusan dan memilih kursus yang diperlukan

–      mengidentifikasi korelasi prestasi kelas dengan prestasi sekolah

–      menggunakan keterampilan pemecahan masalah

–      memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan

–      belajar mengambil keputusan sesuai dengan minat

 

–      menyadari karakteristik perguruan tinggi yang berbeda dengan sekolah menengah

–      menyadari perbedaan lingkungan sekolah dengan lingkungan kerja

–      memahami hubungan karir dengan mata pelajaran

Kelas 12

–      memenuhi syarat kelulusan

–      memiliki kursus untuk perencanaan karir

–      memiliki keterampilan komunikasi dan menyimak untuk mendukung prestasi relajar

–      menunjukkan kemandirian, produktivitas, inisiatif, dan kemampuan bekerjasama dengan orang lain.

 

–      meninjau dan memodifikasi keterampilan manajemen waktu dan belajar

–      mencari sumberdaya untuk meningkatkan kinerja akademik

–      mengembangkan rencana tindakan pribadi dan langkha-langkahnya

–      menyeimbangkan antara sekolah, ekstrakurikuler, waktu luang,  dan keluarga

–      mencari kegiatan ekstrakurikuler yang dapat memperkuat pengalaman sekolah

–      memahami hubungan belajar dengan kerja

–      memahami nilai belajar sepanjang hayat

–      memahami prestasi akademik dapat memperkuat karir dan peluang karir

 

 

KOMPETENSI   KARIR  SISWA SMP/SMA

 

Investigasi karir

Keberhasilan karir

Hubungan Sekolah dan karir

Kelas 7

–      menyadari kesempatan belajar di sekolah lanjutan

–      memahami klasifikasi pekerjaan

–      memahami implikasi peran seks dalam perencanaan karir

–      meneliti pilihan karir berdasarkan minat

 

–      menyadari kesempatan pendidikan lanjutan

–      menyadari klasifikasi pekerjaan

–      meneliti implikasi peran seks terhadap pekerjaan

 

–      mendeskripsikan sikap pribadi

–      mengeksplorasi pendidikan dan alternatif karir yang sesuai dengan minat dan nilai

–      mengidentfikasi dua cara mengambil keputusan

 

Kelas 8

–  memahami hubungan karir dengan mata pelajaran di sekolah menengah

–  memahami pilihan  karir berdasarkan survai minat karir

–  menginvestigasi karir dengan mewawancarai karir tertentu

 

–      mengeskplorasi peluang dan persyaratan di sekolah menengah

–      mengetahui program pendidikan sekolah menengah

 

 

–      curah pendapat tentang bias gender dalam karir

–      mengetahui untung-rugi peran hidup yang mempengaruhi pilihan karir

–      mengetahui program karir dan pendidikan yang ditawarkan

–      mengetahui hubungan karir dengan mata pelajara

Kelas 9

–  menyadari satu kemampuan, keterampilan, minat, pengalaman, dan nilai yang berhubungan dengan pilihan karir

–  memilih hobi dan minat ekstrakurikuler

 

–      mereview  sumber informasi karir

–      mengenal manfaat tes untuk perencanan pribadi

–      mengembangkan perencanaan karir

 

–      mereview  hubungan mata pelajaran dengan karir

–      memilih mata pelajaran yang mendukung karir pribadi

 –  mendeskripsikan keterampilan yang diperlukan  ntuk aktivitas sekolah dan waktu luang

Kelas 10

–  mengetahui material, peralatan, dan sumberdaya karir tertentu

–  meneliti karir tertentu berdasarkan survai minat dan gugus karir

–  membuat keputusan rencana pendidkan

 

–      mengidentfikasi kemampuan, minat, nilai yang sesuai dengan rencana karir

–      membandingkan sikap/perilaku yang menyebabkan biasa pilihan karir

–      mengenal karir tradisional-nontradisional

–      merevisi rencana karir

 

–      menyadari tipe aplikasi pendidikan, karir, beasiswa 

–      memahami langkah-langkah dalam aplikasi

–      mengidentfikasi faktor dalam wawancara

–      mengidentifikasi perilaku selama wawancara

–  memilih kursus yang mendukung aspirasi pendidikan lanjutan

–  mendeskripsikan kekuatan dan kelemahan dalam kaitannya dengan aspirasi pendidikan atau latihana

–  menginvestigasi alternatif pendidikan dan karir

–  memahami keragaman pekerjaan

Kelas 11

–  menilai kemampuan berdasarkan kinerja akademik

–  memahami aspek yang diperlukan untuk menuntaskan pendidikan

–  menyusun tujuan jangka pendek dan menengah karir

–  mengembangkan kompetensi dalam satu karir yang diminati

 

– mengembangkan rencana karir dengan      mempertimbangkan minat, kemampuan, bakat

–  –  mendiskusikan implikasi peran seks terhadap  pilihan karir

– memahami perubahan sosial-ekonomi mempengaruhi peluang kerja

– memodifikasi rencana akademik

– merevisi rencana karir

 

–      menginvestigasi alternatif pendidikan dan karir yang sesuai dengan minat

–      membuat pertanyaan wawancara

–      bermain peran dalam wawancara kerja

–      menyadari pentingnya tepat waktu

–      menyeleksi kursus yang mendukung aspirasi pendidikan lanjutan

–      menampilkan keterambilan komunikasi dalam wawancara kerja

–      belajar menampilkan kualitas positif selama wawancara

Kelas 12

–   memahami pentingnya tangungg jawab, ketergantungan, integritas dan upaya dalam dunia kerja

–    menggunakan strategi untuk mencapai keberhasilan karir

–    menerapkan keterampilan membuat keputusan dalam rencana dan transisi karir

–    menilai kembali keterampilan, minat, dan kemampuan

–    menggunakan keterampilan pengambilan keputusan untuk tujuan jangka pendek dan jangka panjang

–    mengidentifikasi langkah untuk transisi ke perguruan tinggi atau dunia kerja

 

–      memahami hubungan kualitas pribadi, pendidikan, dan pelatihan

–      memahami hubungan prestasi akademik dengan sukses parir

–      menjelaskan hubungan parir dengan kepuasan pribadi

–      menampilkan kesiapan dalam situasi kerja

–      mengidentfikasi kemampuan, keterampilan, kualitas pribadi sebagai persiapan kuliah

 

 

 

 

 

KOMPETENSI  PRIBADI-SOSIAL  SISWA SMP/SMA

 

Menghargai Diri dan orang lain

Merencanakan tujuan

Keterampilan keberlangsungan

Kelas 7

–      memahami faktor yang mempengaruhi persahabatan

–      Memahami aspek negatif dari klik

–      Menampilkan kemahiran berinteraksi dengan orang lain

–      Mengidentifikasi minat, kemampuan, kekuatan pribadi

–      Menginvestigasi peluang untuk bekerja sukarela dalam komunitas/sekolah

–      Memahami nilai dan keyakinan dalam permainan

 

–      menginvestigasi kesempatan kerja di sekolah atau komunitas

–      menyadari nilai-nilai dalam pengambilan keputusan

–      menganalisis efektifitas keputusan

 

 

– menampilkan kterampilan resolusi konflik

Kelas 8

–  Mendiskusikan pentingnya nilai perbedaan gender

–  Menampilkan kemahiran dalam menyimak

–  Menampilakn respon asertfi dalam situasi nyata

–  Mengilustrasian teknik pemecahan masalah melalaui komunikasi

–  Mengilustrasikan cara mengungkapkan perasaan secara tepat

 

–      terampil mengambil keputusan dalam hubungan interpersonal

–      Menyadari kualitas keputusan yang dibuat

–      Menjelaskan teknik pengambilan keputusan

–      Memahami pentingnya tujuan

 

–  berdiskusi pentingnya bertanggung jawab sebagai anggota sekolah, masyarakat

–  menampilkan perilaku bertanggung jawab di komunitas sekolah

– mengenal tanda stres dan cara mengatasinya

Kelas 9

–  memahami dampak perubahan

–  memahamai dampak perbedaan dan persamaan dalam hubungan interpersonal

–  menyadari dampak usa kooperatif

–  mengapresiasi pentingnya keomunikasi rumah-sekolah

–  mengenal tanggung jawab sebagai siswa sekolah menengah

–  mengidentfikasi konribusi terhadap masyarakat

–  manilai konsekuensi dari berbagai isu hubungan pertamanan

 

–      Memahai teknik resolusi konflik

–      Mengembangkan teknik resolusi konflik dengan orang lain

–      Mengindentifikasi alternatif yang sehat dari statu masalah

–      Mengembangkan keterampilan doping

–      Megidentifikasi pengaruh teman sebaya terhadap keputusan

–      Memahami tahap-tahap perkembangan

 

–  Memahami keberadaan sumberdaya comunitas untuk ketahanan diri

–  Memiliki keterampilan social

–  Memahami kontak fisik yang perlu dan tidak perlu

–  Memahami tekanan kelompok

–  Mengenal dampak dari kekerasan fisik

Kelas 10

–  mendiskusikan individualitas untuk menerima perbedaan

–  menjelaskan bagaimana mengatasi situasi stres

–  mampu bekerjasama dengan orang lain

–  memahami dasar-dasar komunikasi

 

 

–      Memilih teknik yang tepat untuk mengambil keputusan

–      Memahami konsekuensi keputusan

–      Bertanggung jawab terhadap konsekuensi keputusan

–      Menyadari tujuan pribadi, sosial, akademik dan karir

–      Menyadari keterkaitan tujuan pribadi, sosial, akademik dan karir

 

–      menganalisis pentingnya keterkaitan dan kerjasama dalam komunitas

–      mereview cara mengelola marah

–      mampu mengelola stres

–      memahami sitasi yang memerlukan bantuan sebaya dan orang dewasa

Kelas 11

–  menganalisis pengaruh stereotip peran seks terhadap sikap dan perilaku

–  menyadari berbagai peran hidup di sekolah dan masyarakat

–  mengindentifikasi peran sosio-kultural

–  menganalisis pentingnya komunikasi dan kerjasama dengan orang lain

–           

 

–      Mengidentifikasi tujuan jangka pendek dan jangka panjang dari tujuan karir

–      Mengembangkan rencana tindakan dan mencapai tujuan yang realistis

–      Mengembangkan alternatif untuk mencapai tujuan

 

–      Menerapkan keterampilan pengambilan keputusan untuk hidup sehat

–      Terampil menghadapi krisis pribadi

–      Mengidentifikasi narasumber di sekolah dan komunitas sebagai sumber bantuan

Kelas 12

–  mengidentifikasi kekuatan dan aset pribadi

–  mengidentifikasi dan mendiskusikan peran sosial dan personal

–  mengembangkan sikap positif terhadap keunikan diri

–  memahami hak dan kewajiban orang

 

–      Menerapkan model pengambilan keputusan

–      Menilai kemampuan mengambil keputusan dan rencan

–      Memahami kapan dan bagaimana mencari bantuan untuk menyelesaikan masalah

–      Persisten dalam mengembangkan keterampilan

–      Mengidentifikasi sumber untuk membantu mencapai tujuan

–      Mengembangkan rencana tindakan berdasarkan sumber daya yang ada

 

–      menganalisis dampak pelecehan

–      memahami hak dan privasi individu

–      memahami sitasi yang memerlukan bantuan sebaya dan orang dewasa

–      terampilan mengelola stres dan konflik

–      menerapkan kterampilan mengambil keputusan dan pemecahan masalah sebagai pilihan sehat

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close