Neneku

KAJIAN PSIKOLOGI SOSIAL MASA USIA LANJUT DI DESA

 

Pada Hari sabtu tanggal 28 November 2010 saya mewawancarai seorang nenek didesa, didaerah desa cibuaya, kecamatan. Cibuaya, kab. Karawang. Nama lengkapa nenek ini Umaliyah namun sering disapa “Mak Uum”  dan suami mak uum ini sudah lama meninggal, suami mak uum bernama Utam. Saat ini mak uum mengurus 5 cucu dirumah nya, dan mak uum mempunyai 6 anak 5 laki-laki dan 1 perempuan dan smempunyai 9 cucu semua anak nya sudah menikah.

Dalam keseharian mak uum ini adalah menjahit pakaian orang tua atau teman sebaya. Mak uum dikenal dalam teman sebayanya orang yang aktifitas nya banyak tapi masih kuat dalam pekerjaanya, dan menurut tetangga nya mak uum ini orang yang sering bersilatrurahmi sesame teman sebayanya dan mak uum ini walaupun ekonomi kebawah tetapi anak-anaknya sukses dalam pekerjaan nya mak uum itu sempurna dalam menjalani rumah tangga nya dan bagaimana memberi pendidikan kepada anaknya dari ketiga anak-anaknya nya. Bahkan anaknya ada yang menjadi kepala sekolah di sebuah sekolah dasar negeri. Mak uum ini sudah terbiasa dengan kedatangan mahasiswa di rumahnya, karena tidak satu kali atau dua kali mak uum ini psering diwawancara oleh mahasiswa. Namun ketika mahasiswa mewawancarai nya mak uum ini teringat pada Almarhum suaminya, karena mak uum ini melihat mahasiswa sekarang berbeda denga pendidikan dulu. Mak uum ini teringat anak yang pertamanya bagaimana saat dia sekolah dulu mak uum tidak bisa member apa yang ia inginkan, tetapi mak uum ini bangga terhadapa anak-anak nya, bahkan anak yang pertamanya sudah pergi jhaji dua tehun kemarin.

Ketika disinggung mengenai pekerjaannya, imak uum ini memaparkan bahwa sekarang ia bekerja menjadi penjahit dirumah sendiri, selain itu mak uum juga pernah berdagang makanan, Namun karena saat ini beliau sudah tidak bisa bekerja yang berat-berat mak uum ini hanya menjahit pakaian orang tua saja. Aktifitas Mak uum ini dalam keseharianya adalah menjahit pakian orang tua dan tidak setiap hari ada langganan yang datang  “kata mak uum” biasa nya saat musim pernikahan atau khitanan dan saat menjelang lebaran dan selain itu aktifitas mak uum ini seriap hari jum’at mengikuti pengajian di Majlis Syekh Quro dan di Al MA’ruf.

 

 

DARI : ILMI

0901103

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close