PROSES KONSELING KELUARGA

PROSES KONSELING KELUARGA

  1. Wawancara tahap awal

Pada tahap ini konselor mengawali dengan salah seorang anggota keluarga sering kali anggota keluarga yang mulai mengontak konselor melalui telepon, dengan menyampaikan problem-problem yang dialaminya dalam bentuk keluhan-keluhan yang berhubungan dengan bilologis dan hubungan antar pribadi.

Berbagai cerita telah dilakukan oleh konselor terdahulu ketika mereka memlakukan wawancara tahap awal dalam konseling keluarga. Satir (1967)

  1. Wawancara tehap pertengahan

Wawancara tahap pertengahan merupakan jantung dari proses terapeutik (framo, 1965) pada tahap ini konselor berperan sebagai pembimbing dan pengarah, tetapi senantiasa berupaya menghindari mengambil alih peran orang tua atau berkoalisi dengan salah anggota keluarga.

Setelah siap anggota keluarga terlibat dalam treatment, dan resistensi telah dipecahkan dengan baik, penataan kembali struktur keluarga da[at dimulai. Angota-anggota keluarga terbuka menyatakan keadaan dirinya, meningaktkan kemandirian, mengurangi peran-peran kaku, saling berbagi perasaan dan pengalaman, dan saling memberi dan menerima balikan untuk merespon denga perilaku-perilaku baru.

  1. Wawancara tiap akhir

Konseling keluarga menggunakan durasi waktu yang relative lebih singkat dari pada konseling individual. Karena konseling sejak awal difokuskan pada penjabaran problema secara fisik, atau meredakan simpton-simpton yang tampak sehingag memnungkinkan untk mempercepat setiap anggota keluarga mengetahui secara jealsa tujuan yang dicapai.

Kebanyakan konselor keluarga sepakat bahwa tranminasi didalam konseling lebih mudah dilaksanakan  daripada didalam konseling individual (goldenberg & Goldberg, 1985) konseling keluarga dapat dihentikan apabila anggota keluarga yang terlibatdalam proses konseling bisa bekerjasama baik sebagai suatu unit atau kelompok untuk memcahkan masalah-masalah mereka dan mengubah perialaku-perilaku mereka yang deskruptif.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close